Friday 12 October 2012

Belajar Microsoft Word 2007 Step 2

Pada artikel belajar microsoft word 2007 kali ini, kita akan membahas tentang : Cara Mengatur Lembar Halaman Aplikasi Microsoft Office 2007.  Untuk mengatur halaman Microsoft Office Word 2007, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, dan sudah disediakan pada tools di Microsoft Office Word 2007.

Sebenarnya,
fungsi umum pada aplikasi Microsoft Office Word 2007 adalah untuk menulis dan membuat laporan ketika menulis sebuah artikel,novel,tulisan, majalah atau buku, surat yang biasa kita jumpai. Namun, sebelum kita mulai menulis sebuah aplikasi tulisan hendaklah mengacu pada aturan pengaturan halaman terlebih dahulu.

Langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
Pengaturan Page Layout :
Seperti  yang terlihat pada gambar, Menu Page Layout terdiri dari Margins, Orientation, Size, Columns, Breaks, Line Numbers, Hyphenation.













Penjelasan :

1. Margins adalah pengaturan batas sisi tulisan, batas atas, batas bawah, batas samping kiri dan batas samping kanan. Pada tombol margins ini, pengaturan sudah dirancang secara default ada 6 pilihan, yaitu : Normal, Moderate, Wide, Mirrorred, Office 2003 Default. Secara default Office Word 2007 adalah normal.

2. Orientation :
Orientation adalah pengaturan jenis halaman yang terdiri dari 2 jenis yaitu : Potrait dan Lanscape. Potrait adalah jenis halaman berbentuk Vertikal sedangkan Landscape adalah jenis halaman berbentuk Horizontal. Anda tinggal memilih, jenis halaman apa yang sesuai dengan tulisan anda.

3. Size :
Size adalah ukuran pada halaman. Disini ada 9 jenis ukuran ditambah satu tombol More Page Size sebagai pengaturan ukuran halaman tulisan anda. Ke sembilan jenis ukuran halaman itu antara lain : Letter, Tabloid, Legal, A3, A4, A5, B4, Japanese Postcard. Biasanya yang sering digunakan orang untuk membuat laporan adalah ukuran A4.

4. Columns :
Columns adalah pengaturan jumlah kolom pada halaman tulisan, sehingga tulisan berada pada kolom kolom tersebut. Ada beberapa pengaturan jumlah kolom pada sebuah halaman :
One, Two, three, Left, Right. One berarti full satu halaman berisi tulisan, Two berarti satu halaman dibagi menjadi 2 kolom, begitu pula three berarti satu halaman dibagi menjadi 3 kolom. Sedangkah Left dan Right berfungsi untuk mengatur kolom apakah rata kiri atau rata kanan, ini tergantung pada selera anda.

5. Breaks :
Breaks adalah pengaturan halaman, tulisan, contoh Breaks Page. Ketika Page yang dipilih,secara otomatis tulisan akan melompat atau jump ke halaman selanjutnya.

6. Line Numbers :
Line Numbers adalah pengaturan nomor perbaris pada tulisan, ketika kita menulis satu kalimat dalam satu baris, ketika tulisan dilanjutkan ke baris berikutnya, secara otomatis akan menambah nomor baris pada sisi kiri tulisan. Nomor baris ini juga bisa dimodifikasi sesuai selera anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih telah mengunjungi kami...

Keyword :
Belajar Microsoft Word 2007 Step 2
Step step Microsoft Word 2007
Mengatur Halaman Microsoft Office Word 2007
Microsoft Office Word 2007
Cara belajar Microsoft Word 2007



No comments: