Saturday, 6 October 2012

Cara menambahkan halaman page number pada Microsoft Office Word 2007



Tutorial Word 2007 | Insert Halaman Page Number
Biasanya, ketika seseorang membuat sebuah proposal, tutorial, buku panduan, skripsi atau laporan dengan Word 2007, terkadang lupa untuk menambahkan Page Number di masing masing halamannya. Padahal, hal ini sangatlah penting ketika orang lain ingin mengetahui berapa jumlah halaman pada buku atau laporan yang anda tulis. Nah, di Microsoft Office Word 2007, telah disediakan sebuah tab yang berfungsi untuk menambahkan halaman secara otomatis, dan kita tidak perlu susah payah untuk menambahkan halaman secara manual.

Langkah pertama :
Klik pada Menu Insert di bagian atas halaman anda.

Insert pada Word 2007
Gambar 1 : Insert
Pada Menu Insert terdapat beberapa sub menu yang berfungsi untuk menambahkan objek tertentu pada halaman sebuah aplikasi. Diantaranya adalah Cover Page, Blank Page, Page Break, Tables, Picture, Clip Art dll. Untuk Insert Page Number, silahkan anda klik pada Sub Menu Page Number pada kolom Header & Footer.




Langkah Kedua :
Klik pada Page Number di kolom Header & Footer sebagai perintah untuk mengisi Page Number di halaman aplikasi Word anda.


Page Number Header & Footer
Gambar 2 : Insert Page Number
Setelah anda lakukan perintah dengan klik Page Number, maka akan muncul Drop Down Menu seperti yang terlihat pada Gambar selanjutnya.










Langkah Ketiga :
Pada gambar 3 terlihat ada 6 Sub Menu Drop down, yaitu : Top of Page, Bottom of Page, Page Margin, Current Position, Format Page Number dan Remove Page Numbers. 
Anda bebas memilih format page number yang anda sukai, masing masing memiliki contoh sample page number seperti terlihat pada gambar. Sebagai contoh : coba anda klik Menu Bottom Of Page ==> Plain Number 2, maka letak number halaman yang akan terlihat di aplikasi anda adalah di bagian paling bawah posisi tengah. 


Page Number Bahwa Tengah
Gambar 3 : Letak Page Number Bawah Tengah













Untuk letak posisi number biasanya diletakan di posisi bagian bawah dan tengah, hal ini untuk memudahkan seseorang untuk membaca nomor sebuah halaman. Untuk selanjutnya, peletakan page number bisa disesuaikan dengan selera anda masing masing, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment