Thursday 18 October 2012

Membuat kesan website yang menarik

Sebuah website atau sebuah blog akan sangat berarti dan memberikan kesan yang menarik apabila dikelola dan dimanajemeni dengan baik layaknya anda mengelola sebuah toko di dunia nyata. Tidak ubahnya jika anda berperan sebagai seorang pedagang dan mempunyai toko dengan mimpi untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari toko itu. Tentunya, ada cara cara khusus yang dilakukan agar toko anda berubah menjadi mesin pencari uang untuk mencukupi kehidupan keluarga anda.

Toko yang selalu diingat oleh pembelinya dan pasti akan kembali adalah toko dengan pelayanannya yang memuaskan, artinya pembeli dilayani seperti seorang raja dan pemilik toko adalah pelayannya. Apapun yang diinginkan sang raja, pelayan akan memenuhinya, dalam tanda kutip apapun produk yang dibutuhkan oleh pembeli ada pada si pemilik toko. Berarti produk yang dijual oleh sang pemilik toko sangatlah beragam, lengkap, banyak modelnya. Hal ini juga berlaku pada sebuah website yang kaya akan informasi, fitur beragam, wajah website yang menarik dan tidak bosan untuk dipandang, pengunjung website akan senantiasa melihat website anda.

Kedua, murah senyumnya sang pemilik toko, jika diperhatikan hal ini sangat sederhana, padahal sebuah lemparan senyum akan membuat suasana nyaman ketika pembeli bertanya kepada anda sebagai pemilik toko. Menjawab dengan ramah, pembeli akan merasa senang dan merasa dihargai.
Bisa anda bayangkan ketika pembeli bertanya tentang satu produk yang ingin ia beli, kemudian anda menjawab dengan ketus dengan wajah yang mengerut. Saya 100 persen yakin, pembeli itu tidak akan pernah kembali dan berkunjung ke toko anda. Biasanya, pengunjung website yang penasaran dengan isi website yang dikunjunginya, akan bertanya melalui link Contact Us, nah jika terjadi seperti ini, sang pemilik website harus segera menjawab pertanyaan si pengunjung agar pengunjung merasa puas dengan apa yang ingin diketahuinya. Jika pertanyaan si pengunjung sulit untuk dijawab, minimal jawaban anda adalah : “ Terima kasih telah mengunjungi website kami, pertanyaan anda sedang kami bahas di Internal kami, semoga 2 hari lagi akan mendapatkan sebuah jawaban “. Dengan jawaban seperti itu pengunjung akan lebih merasa dihargai.

Ketiga, harga murah, harga murah produk pada toko yang anda jual tentunya akan memiliki nilai plus di mata para pembeli. Kenapa ?, karena rata rata pembeli akan mencari produk yang sama dengan harga yang lebih murah dari sekian banyak toko yang dijumpainya. Ini juga berlaku bagi website anda, jika website anda adalah toko online yang menjual produk dengan banyak pesaing, tentunya anda harus menimbang kembali harga yang akan ditampilkan di situs anda.

Semoga artikel sederhana diatas bermanfaat bagi para pembaca, terima kasih telah berkunjung.
Salam

No comments: