Wednesday 6 February 2013

Cara Konversi File Power Point ke format PDF

Sudah lama tidak update blog, baru kali ini penulis mencoba posting lagi tentang Microsoft Office Power Point 2007.  Menurut fungsinya, manfaat power point 2007 adalah untuk membuat sebuah presentasi atau laporan yang terdiri dari beberapa slide. Tapi, tahukah anda bahwa sebenarnya power point juga bisa dikonversi menjadi format PDF ? Dan jawabannya adalah benar.

Salah satu kemudahan power point 2007 adalah tersedianya sistem penyimpanan secara langsung merubah dari extension .ppt ke extension .pdf. Jika anda biasa berkutat di power point 2007, pasti anda pernah membuat sebuah aplikasi power point yang dengan mudah dirubah ke format PDF. PDF kependekan Portable Document Format, yang mana file ini adalah sebuah dokumen yang dibuat secara portable dan sudah tentu berbeda dengan aslinya. Biasanya, file ini dibuat untuk mereduce besar nya file beberapa persen dari aslinya untuk dikirim kepada orang lain by email, atau untuk membuat ebook pdf, dll.

Nah, itu tergantung kepentingan masing masing tentunya. Tapi, yang pasti powerpoint 2007 akan mampu merubah format .ppt atau .pptx ke format .pdf. Lantas, bagaimana caranya ?

Langkah pertama :
Anda buatkan sebuah aplikasi power point di Microsoft Office Power Point 2007, atau bisa juga membuka file lama yang tersimpan di hardisk anda.

Langkah kedua :
Klik pada Office Button yang terletak di pojok kiri atas, kemudian klik Save As. Beri nama file pada kotak isian, contohnya : "latihan pdf".

Langkah ketiga :
Masih di tab tersebut, klik save as type, nah anda tinggal cari type file yang tertulis PDF, pilih opsi tersebut.

Langkah keempat :
Jika anda sudah memilih tempat penyimpanan file, klik Save,
Selamat Anda Sudah Bisa Membuat PDF dengan Power Point 2007.



5 comments:

Unknown said...

tips menarik.
perlu dicoba nih.
kalau versi trial bisa berapa halaman?

Agus Haryanto said...

Di power point sendiri sudah ada tool nya untuk merubah format .ppt atau pptx ke .pdf, silahkan anda check, jadi tidak ada versi trial nya. Trims..

jathy berjaya said...

di PPT 2007 punya ku kok gak ada ya mas?
klo gak ada harus gmn?

Agus Haryanto said...

coba di reinstall lagi dengan versi yang lain, mungkin bisa muncul, saya install 2007 ama 2010, dua dua nya muncul. Sebagai alternatif jika tidak mau reinstall, silakan anda install cutpdf download di situs resminya, freeware kok.

Unknown said...

Terimakasih. Tipsnya sangat membantu untuk berkreasi di Ms Power Point, saya jg lagi menggarap ebook.