Tuesday 19 February 2013

Mengenal Menu Home Microsoft Word 2007

Kembali bertemu di blog yang sederhana ini, yaitu blog tentang belajar komputer, untuk mengetahui tentang cara menggunakan word 2007 secara umum, anda bisa lihat pada postingan saya sebelumnya.
Pada postingan kali ini, saya mau berbagi tentang mengenal menu home pada Microsoft Word 2007. Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi para pengguna aplikasi word jebolan microsoft ini mesti mengetahui secara pasti menu menu yang terkandung dalam Home. Seperti halnya blog, website home pasti akan selalu ada. Jika di Facebook, home nya biasanya tertulis Beranda, yang fungsinya adalah halaman paling depan, atau muka nya website. Untuk mengetahui update paling terakhir adalah dengan cara klik di Home atau Beranda.

MENU HOME WORD


-->
Menu Home Word 2007 : Clipboard
Nah, di Microsoft Office Word 2007 juga ada menu Home nya. Jika kita melihat pada gambar diatas, ada sub menu pada home yaitu Clipboard dan sub menu Font. Clipboard terdiri dari menu Paste yang berfungsi untuk memerintahkan Paste di sebuah halaman telah perintah Cut atau Copy. Format Painter adalah untuk melakukan Copy Format ke halaman selanjutnya, artinya tidak merubah format.

Menu Home Word 2007 : Font
Font berarti huruf, sub menu font pada home berfungsi untuk mengatur Jenis huruf, ukuran huruf, ketebalan ( Bold ), tulisan miring I ( Italic ), Underline untuk membuat garis bawah pada huruf atau tulisan, warna huruf, garis tengah huruf, untuk merubah huruf dari Besar ke ke Kecil, dll.

menu home paragraph
Menu Home Word : Paragraph
Paragraph berfungsi untuk mengatur layout sebuah halaman , objek atau huruf. Untuk mengatur layout tulisan satu halaman full berarti klik pada Justify, rata tengah berarti klik Center, rata kiri klik Left atau rata kana klik Right. Line Spacing berfungsi untuk mengatur space antar baris tulisan, untuk kondisi normal biasanya 1.15, anda bebas memilih ukuran Spacing nya. Shading berfungsi untuk memberikan warna pada area tulisan yang di blok. Border berfungsi untuk memberikan batas garis pada layout halaman.
Bullets untuk memberikan symbol tertenu pada setiap baris, bisa berupa Check List, Option dll.

home styles


Menu Home : Styles
Menu styles adalah menu yang berfungsi untuk mengganti type huruf atau tulisan, secara default microsoft word 2007 memberikan beberapa style dengan jenis penempatan tulisan. Jika berupa judul paragraph, maka yang dipilih adalah Title, untuk tulisan pada bagian atas Paragraph, maka di pilih Heading, dll.


Menu Home : Editing
Sub menu home Editing berisi tools untuk mencari yaitu Find, untuk menyisipkan obje lain yaitu Replace, untuk memilih satu object atau semua object yaitu Select. Select digunakan ketika kita ingin memilih sebuah object tanpa mengganggu object lainnya.

Semoga tutorial singkat mengenai pengenalan home pada Microsoft Office Word 2007 ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba dengan mulai belajar melakukan editing di komputer anda...



No comments: