Saturday 2 March 2013

Contoh Fungsi First Line Indent di Word 2007

Pada postingan beberapa hari yang lalu, saya mencoba memperkenalkan kepada anda tentang mengenal menu home pada office word 2007. Dan beberapa bulan yang lalu, saya juga pernah posting kepada anda bagaimana cara mengatur huruf pertama ketika kita mulai menulis di aplikasi word 2007. Pada postingan kali ini, saya mencoba memberikan artikel tentang fungsi line indent di office word 2007. Mungkin diantara semua pembaca, ada yang sudah pernah atau mungkin terbiasa ketika menulis sebuah tulisan di office word 2007. Memang sederhana sekali, tetapi tidak ada salahnya untuk di ulas kembali mengenai fungsi first line indent ini.
First line indent adalah sebuah tool yang dimiliki oleh word dimana letaknya berada pada rule atau garis diatas layout tulisan. Fungsinya adalah untuk mengatur letak huruf pertama pada paragraph pertama.


Pada gambar satu, terlihat bahwa tulisan pertama pada paragraph diatas adalah K yaitu kata "Kembali". Kali ini saya akan mencoba untuk menggeser paragraph diatas agak sedikit menjorok kearah kanan. Sehingga tulisan " Kembali ", akan bergeser sedikit kearah kanan.


Letakan kursor di samping huruf "K" sebelah kiri pada kata "Kembali" karena pada huruf pertama K lah yang akan kita geser ke arah kanan. Anda lihat pada rule atau garis diatas layout ada tulisan First Line Indent jika mouse tepat di arahkan pada panah yang menunjuk kebawah.


Tekan mouse untuk menggeser First Line Indent  , kearah kanan untuk menggeser K pada tulisan " Kembali ". Nah, secara otomatis, tulisan setelah kata Kembali akan ikut serta bergeser ke arah kanan disesuaikan dengan panjangnya paragraph tulisan. Nah, first line indent ini berfungsi untuk menggeser huruf pada sebuah tulisan sehingga bisa digeser ke arah kanan ataupun sebaliknya.

Tidak lepas dari terbatasnya ilmu yang dimiliki oleh penulis, mungkin tutorial sederhana tentang fungsi dari First Line Indent ini bisa berguna untuk anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

9 comments:

Komputek Pro said...

Tutorial yang sangat bagus sob. saya jd lebih mengerti tentang bekerja dg MS World 2007

Agus Haryanto said...

Makasih gans,moga bermanfaat

Abuzzaid said...

thank agan sudah berbagi...
jangan lupa mampir di gubuk ana gans..

Agus Haryanto said...

ok gan thankss

galih n gumilar said...

tanks ya gan .. infonya

Agus Haryanto said...

ok

Anonymous said...

Mo nanya nih om cara benerin header (kepala surat) yg diatas gmn nih om? Tiba2 kepala surat pada microsoft word ku menjorok kebawah gede bgt om,thx om

Agus Haryanto said...

Harus dilihat dulu, menjorok nya seperti apa. Coba lakukan Insert -> Header --> Edit Header. Setelah itu lihat di kolom Position ada menu Header From Top beserta nilainya. Coba diedit nilainya, mungkin bisa membantu terima kasih.

Hazimul Ihsani said...

Mengunjungi Blog tanggal 30-12-2014

Meniggalkan Kesan :
Ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan Tugas Kuliah membuat “Karya Tulis”.
Terimakasih banyak. Semoga semakin semangat dalam berkarya.
(Sebaik-sebaik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain)

Mengundang :
Diawal Tahun 2015 ini Alhamdulillah saya berhasil meluncurkan Situs Terbaru Bisnis Pulsa Nasional. Mohon ke ikhlasannya untuk berkunjung. Maaf jika Situsnya masih kelihatan sederhana.
Alamat Situs : www.ntbpulsa.com

Salam Sukses
Terima Kasih