Monday, 22 April 2013

Contoh Rumus Hitung Gaji dengan Excel 2007

Pada tutorial excel yang lalu, saya sudah mencoba untuk memberikan contoh tentang rumus dasar excel 2007 beserta contohnya. Excel 2007 memiliki banyak fungsi yang bermanfaat untuk para penggunanya. Data yang diolah bisa dirubah menjadi grafik pie, line, batang dan lainnya. Kali ini, saya akan memberikan contoh aplikasi contoh penggajian terhadap beberapa karyawan di sebuah perusahaan. Rumus yang digunakan sederhana dan tidak terlalu sulit. Silahkan anda lihat gambar dibawah contoh penggajian beberapa karyawan :

Contoh Tabel Gaji Karyawan

contoh gaji excel 2007

Pada gambar diatas bisa anda lihat Total Gaji 5 orang karyawan dengan masing masing Gaji Pokok (GP), Tunjangan Jabatan (TJ), Pajak (PJ) 2,5 persen dari Gaji Pokok. Serta Total Gaji yang diterima setelah dikurangi Pajak.

Pada tabel dibawah adalah contoh rumus yang dimasukan kedalam Cell sehingga akan dihitung jumlah pajak yang harus dibayar oleh masing masing karyawan.

rumus pajak excel 2007

Garis merah kesamping adalah rumus untuk perhitungan pajak dengan rincian : 0.025 dikali Cell yang ada di D2. Setelah sukses, letakan kursor di Cell nya untuk menarik lurus kebawah seperti yang terlihat di gambar. Lakukan menggunakan mouse ( Klik kiri mouse, tekan sampai muncul +, kemudian tarik kebawah ). Hal ini ditujukan untuk mengcopy - pastekan secara otomatis rumus yang ada di Cell F2 s/d Cell F6.

rumus total gaji excel 2007


Garis merah kearah samping kiri bawah menunjukan rumus perhitungan Gaji Total , yaitu Gaji Pokok ditambah Tunj Jabatan dikurangi Pajak. Ini hanya sekedar contoh saja untuk aplikasi penggajian karyawan di sebuah perusahaan. Untuk selanjutnya bisa anda kembangkan sendiri.

Semoga bermanfaat.



9 comments:

  1. info yang sangat bermanfaat
    dapatkan tutorial lengkap microsoft excel di sini

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat sekali artikelnya...
    Sangat membantu sekali bagi saya yang masih pemula didunia komputer.. :)

    ReplyDelete
  3. slmt pagi pak agus, pak mohon penjelasan mengapa harus dipotong 2.5% dari GP? terima kasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi juga, 2.5% itu hanya sekedar contoh, untuk aplikasi beneran tergantung kebijakan masing masing perusahaan, terima kasih

      Delete