Monday 22 April 2013

Contoh Rumus Hitung Gaji dengan Excel 2007

Pada tutorial excel yang lalu, saya sudah mencoba untuk memberikan contoh tentang rumus dasar excel 2007 beserta contohnya. Excel 2007 memiliki banyak fungsi yang bermanfaat untuk para penggunanya. Data yang diolah bisa dirubah menjadi grafik pie, line, batang dan lainnya. Kali ini, saya akan memberikan contoh aplikasi contoh penggajian terhadap beberapa karyawan di sebuah perusahaan. Rumus yang digunakan sederhana dan tidak terlalu sulit. Silahkan anda lihat gambar dibawah contoh penggajian beberapa karyawan :

Contoh Tabel Gaji Karyawan

contoh gaji excel 2007

Pada gambar diatas bisa anda lihat Total Gaji 5 orang karyawan dengan masing masing Gaji Pokok (GP), Tunjangan Jabatan (TJ), Pajak (PJ) 2,5 persen dari Gaji Pokok. Serta Total Gaji yang diterima setelah dikurangi Pajak.

Pada tabel dibawah adalah contoh rumus yang dimasukan kedalam Cell sehingga akan dihitung jumlah pajak yang harus dibayar oleh masing masing karyawan.

rumus pajak excel 2007

Garis merah kesamping adalah rumus untuk perhitungan pajak dengan rincian : 0.025 dikali Cell yang ada di D2. Setelah sukses, letakan kursor di Cell nya untuk menarik lurus kebawah seperti yang terlihat di gambar. Lakukan menggunakan mouse ( Klik kiri mouse, tekan sampai muncul +, kemudian tarik kebawah ). Hal ini ditujukan untuk mengcopy - pastekan secara otomatis rumus yang ada di Cell F2 s/d Cell F6.

rumus total gaji excel 2007


Garis merah kearah samping kiri bawah menunjukan rumus perhitungan Gaji Total , yaitu Gaji Pokok ditambah Tunj Jabatan dikurangi Pajak. Ini hanya sekedar contoh saja untuk aplikasi penggajian karyawan di sebuah perusahaan. Untuk selanjutnya bisa anda kembangkan sendiri.

Semoga bermanfaat.



8 comments:

Unknown said...

info yang di sharenya bagus ka,makin ngerti aku :D
http://www.asianbrilliant.com

Bangjack said...

info yang sangat bermanfaat
dapatkan tutorial lengkap microsoft excel di sini

Agus Haryanto said...

OK thank you all

Agus Haryanto said...

sama sama

VanillaVanka(dot)Com said...

Sangat bermanfaat sekali artikelnya...
Sangat membantu sekali bagi saya yang masih pemula didunia komputer.. :)

Agus Haryanto said...

Semoga membantu

Anonymous said...

slmt pagi pak agus, pak mohon penjelasan mengapa harus dipotong 2.5% dari GP? terima kasih atas penjelasannya

Agus Haryanto said...

Selamat pagi juga, 2.5% itu hanya sekedar contoh, untuk aplikasi beneran tergantung kebijakan masing masing perusahaan, terima kasih