Thursday, 4 July 2013

Belajar Microsoft Office Sendiri.

Enaknya belajar sendiri aplikasi microsoft office merupakan hal yang sangat mengasyikan. Bagaimana tidak, ketika kita mendapatkan sesuatu hal yang baru dan bisa bermanfaat untuk kita kemudian kita coba dan hasil yang kita dapatkan sangat memuaskan, disitulah letak kenikmatannya. Tidak percaya ? Silakan anda buktikan.

Apapun jenis ilmu yang kita pelajari, yakinkan bahwa ilmu itu akan bermanfaat untuk kita di kemudian hari. Jangan sampai anda menyesal ketika ada waktu dan kesempatan untuk belajar namun anda sia siakan. Waktu tidak akan pernah kembali lagi ke awal, ia akan berjalan seiring bertambahnya usia seseorang. Ketika diberi kesempatan untuk belajar, maka ambilah kesempatan itu untuk belajar. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Saya akan coba memberikan sebuah cerita tentang seorang Manager yang kemudian menyesal karena tidak mau belajar di waktu lalunya. 

" Ada seorang Manager di sebuah perusahaan berskala International yang telah lama bekerja di perusahaan itu. Bisa dikatakan ia merupakan senior dari seluruh senior yang ada, sehingga oleh Top Management perusahaan, ia dipercaya untuk menjadi seorang Manager pada salah satu sectionnya. Kinerjanya bagus, apapun perintahnya akan dituruti oleh anak buahnya. Memberikan contoh yang baik terhadap anak buah, menjadi teladan yang baik pula untuk pekerja yang lain. Tegas dalam berbicara, tidak pernah terlambat jika datang, dan selalu mengakhirkan pulang jika waktunya tiba.
Suatu saat, ia ditugaskan oleh President Director untuk membuat rencana kerja dalam satu tahun kedepan, kemudian harus dipresentasikan didepan seluruh Management. Ia diberi waktu selama satu bulan untuk mengerjakannya, dan di awal bulan depan, harus dilaporkan pada saat presentasi.
Ketika mendapatkan tugasnya itu, berubahlah mimik wajahnya, yang tadinya terlihat bagai seorang Manager, kini terlihat seperti bukan Manager. Otaknya berfikir keras, bagaimana caranya membuat rencana di tahun depan, terus bagaimana membuat laporan presentasi karena selama ini ia tidak pernah mempelajari komputer. Komputer baginya hanyalah sebuah alat yang ia pun tidak tahu cara menggunakannya.

Hingga akhirnya, tibalah waktunya ia harus mempresentasikan rencana di tahun depan dihadapan para management. Ketika berdiri di depan seluruh management, sambil terbata bata ia berkata " Saya minta maaf, presentasi belum saya buat karena saya tidak bisa komputer". Merahlah wajah sang President Director, lalu ia berkata " Baik, saya terima maaf anda, tapi saya sebagai pimpinan perusahaan ini menginginkan Manager perusahaan ini mengerti komputer, membuat laporan presentasi, membuat rencana, melaporkan hasil pekerjaan dalam bentuk presentasi, bukan hanya tentang masalah teknis, saya yakin secara teknis anda jagonya. Tetapi, jika anda tidak mengerti komputer bagaimana bisa dilaporkan ?

Mulai besok, anda bukan lagi seorang Manager, tapi saya posisikan sebagai Supervisor di line, saya kasih kesempatan anda belajar komputer. Jika sudah bisa, saya akan promosikan anda menjadi  Manager lagi". Berubahlah wajah sang Manager, ia menyesal ketika ada kesempatan untuk belajar komputer di waktu lalu, ia sia siakan, tidak dimanfaatkan dengan benar untuk belajar."

Nah, itulah contoh cerita pengalaman seseorang ketika diturunkan jabatannya dari Manager menjadi Supervisor hanya karena tidak bisa menggunakan komputer dan membuat laporan presentasi. Terus, bagaimana dengan anda ? Semoga tidak ya...hehe. Semoga bermanfaat.


-->

No comments:

Post a Comment