Monday 28 October 2013

Istilah - istilah unik dalam dunia blogging dan blog

Dalam dunia blogging, tentunya banyak istilah - istilah unik yang seringkali digunakan oleh para blogger mania. Berikut penulis sebutkan beberapa diantaranya : 

Blogwallking :
Jalan - jalan atau buka bukaan blog orang lain sambil cari informasi seputar content yang menarik untuk menambah wawasan para blogger.

Blogger :
Para empunya blog yang menyimpan content nya di blog. Blogger juga bisa diistilahkan sebagai penulis content aktif di dunia blogging. Saat ini, sudah jutaan blog yang terpublish di dunia maya dengan content yang beragam. Terlepas dari berbagai macam tujuan seseorang ketika ia membuat blog, pastinya ia senang menulis.

Blogging : 
Aktivitas ngeblog atau nulis content pada sebuah blog or website dan terus menerus melakukan update tulisan terhadap blog nya.

Compose :
Tombol untuk memulai posting pada blog, ketika compose ditekan maka akan ditampilkan layar screen untuk memulai menulis content seperti aplikasi microsoft word. Dengan berbasis What You See Is What You Get, apa yang anda tulis maka itulah yang akan muncul ketika di Publish ke Internet.


Link :
Link adalah sebuah istilah menyambung atau ngelink ke sebuah alamat lain dan bisa diistilahkan merekomendasikan sebuah alamat ( http ) dari link yang kita buat.

Blogspot :

Sebuah ekstensi blogger.com yang muncul ketika seseorang membuat sebuah blog di server blogger ( kepunyaan google ), membuat blog di blogger.com gratis, alias tidak berbayar akan tetapi syaratnya adalah harus memiliki akun Gmail. Satu akun gmail bisa membuat satu atau lebih blog berekstensi blogspot tersebut. Blog ini juga dibuat di blogger dot com dan bila dilihat dari namanya memiliki ekstensi blogspot.com

Walaupun demikian, ada satu lagi situs penyedia blog gratis terkemuka lainnya dan banyak digunakan para blogger, yaitu wordpress.org. Hampir sama dengan blogspot, wordpress banyak menyediakan fitur fitur menarik untuk dikembangkan. Jika anda berminat untuk membuat blog, penulis merekomendasikan kedua situs tersebut.

HTML :
Hypertext Markup Language adalah bahasa pemograman web yang bersifat statis, HTML merupakan bahasa dasar website dan setiap situs rata rata memiliki coding HTML untuk merancang design websitenya.

Domain Name :
Sebuah istilah nama domain yang disebutkan terhadap nama situs, contohnya : wordpress.com, blogger.com, google.com. Masing masing memiliki domain dot com.

Favicon :
Favorite Icon adalah sebuah image icon ekstensi .ico yang mana bisa dimasukan kedalam design setting blog nya.



4 comments:

mekanik komputer said...

nice info... semakin berkembang ya gan blognya :)

Agus Haryanto said...

Iya gan thanks ya

Obat Sakit said...

blog walking ini yg banyak makan waktu

agus haryanto said...

Betul gan, blog walking inilah yang paling lama hehe