Monday, 14 July 2014

Contoh fungsi IF sederhana untuk menghitung kelulusan mahasiswa

Seperti pada postingan sebelumnya mengenai fungsi IF dalam excel 2007, pada postingan kali ini, saya akan mengulang kembali mengenai penggunaan fungsi IF dalam microsoft excel 2010. Formula IF ini dicontohkan dengan menghitung kelulusan 10 orang mahasiswa yang bisa dinyatakan lulus dan tidak lulus berdasarkan nilai rata - rata nilai awal dan nilai akhir. Nilai awal adalah nilai ujian awal semester, dan nilai akhir adalah nilai ujian akhir semester. Seorang mahasiswa bisa dinyatakan lulus jika sudah bisa masuk dalam kriteria kelulusan. 

tabel if mahasiswa
Tabel diatas adalah point yang dijadikan dasar lulus atau tidaknya mahasiswa ketika nilai ujian awal dan ujian akhir semester sudah diperoleh. Berikut adalah tabel kelulusan mahasiswa ketika sudah menyelesaikan ujian. 

tabel if mahasiswa

Pada tabel diatas terlihat ada Point dan Keterangan, untuk kedua isian tabel tersebut, bisa dibuat otomatis terisi dengan fungsi IF dalam Excel 2010 ataupun 2007. Isian Nama Mahasiswa, Nilai Awal, Nilai Akhir diisi secara manual, sedangkan Jumlah adalah nilai rata rata kedua nilai. Untuk rata - rata, gunakan fungsi Average (number1,number2,...). Artinya, cari rata-rata dengan mengisi number1 adalah nilai yang ada di kolom nilai awal dan number2 di nilai akhir. Berikut contohnya : =AVERAGE(C3:D3).

Setelah itu, pada kolom Point, masukan rumus IF seperti berikut ini :

=IF(E3=0,"E",IF(E3<50,"E",IF(E3<60,"D",IF(E3<80,"C",IF(E3<95,"B",IF(E3<101,"A","Salah Input Nilai")))))).

Fungsi diatas menyatakan beberapa fungsi if untuk menyatakan point yang didapatkan dari nilai rata rata mahasiswa. Untuk menyatakan lulus atau tidak lulus mahasiswa, berikut adalah rumusnya :

=IF(F3="A","Lulus",IF(F3="B","Lulus",IF(F3="C","Lulus",IF(F3="D","Tidak Lulus",IF(F3="E","Tidak Lulus")))))

Berdasarkan Point yang sudah tersedia, mahasiswa akan dinyatakan lulus atau tidak lulus sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan. 
OK, sobat selanjutnya silahkan modifikasi sendiri, semoga bermanfaat.




1 comment:

  1. tutorial nya kurang jelas, coba seandai nya saja pada gambar diatas ada nama shel nya, pasti akan lebih mudah dipahami, misal nya seperti pada rumus diatas ada F3 dan sebagai nya itu diman di ambil. bingunguuu

    ReplyDelete