Wednesday, 4 November 2015

Cara Membuat Animasi Grafik Pada Power Point.

Selamat bertemu kembali sobat pembaca yang budiman. Sudah lama saya ingin menulis tutorial tentang " Cara Membuat Grafik Animasi" di power point. Sebetulnya gambar disamping ini adalah gambar salah satu slide power point yang terdapat animasinya.

Bisa anda lihat pada grafik batang warna merah di bulan Oktober 2015, tertulis 632. Ketika dibuat slide show, yang terjadi adalah grafik itu muncul otomatis dan perlahan dari bawah ke atas.  Hal ini dibuat agar audience terfokus pada hasil kaizen atau grafik batang di bulan Oktober 2015.

Lalu bagaimana cara membuat animasinya ?
Pertama, kita buat terlebih dahulu data dan grafik di microsoft excel yang akan dijadikan sebagai dasar untuk grafik batang. Contoh dibawah adalah grafik yang dibuat di ms excel dan di copy kan ke Power Point.

Kedua, kita buat kotak secara manual dan diberi warna merah di power point ( menggunakan rectangle ). Sesuaikan ukuran panjang dan lebar dengan kotak merah yang dibuat di excel / grafik batang yang sudah tersedia. Untuk tingginya disesuaikan dengan skala batasan yang ada di sisi kiri. Untuk lebih jelas, bisa dilihat pada gambar dibawah :


Ketiga, buat kotak yang sudah jadi ( terlihat pada gambar diatas yang ada angka 632 nya ), sebuah animasi agar terjadi pergerakan grafik dari bawah ke atas. Dalam hal ini, audience akan terfokus pada pergerakan grafik batang tersebut.
Caranya adalah : klik pada kotak yang dibuat manual, klik menu animation dan custome animation. Klik add effect ( ada dibagian kanan layar ), kemudian klik entrance, klik wipe .



Setelah itu, simpan file dan klik show animation. Jika berhasil maka grafik kotak yang warna merah itu akan bergerak dari bawah ke atas, atau atas ke bawah ( tergantung keinginan anda ).

-->

Silahkan anda coba .. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment