Friday, 12 April 2013

Rumus aritmetika dasar di Excel 2007

Selamat datang para pembaca Blog Belajar Komputer di blog yang sederhana ini, kali ini saya ingin berbagi ilmu pengetahuan tentang Excel 2007 yaitu Aplikasi Rumus Aritmetika Dasar di Excel 2007. Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa Excel adalah software pengolah data jebolan Microsoft yang mana fungsinya adalah untuk mengolah beberapa data dan akan menghasilkan sebuah output berupa data ketika kita ingin melihat sebuah hasil dari beberapa perhitungan data.
Bicara tentang perhitungan data, ada berbagai macam rumus yang harus dimasukan ke dalam Cell yang disediakan di Excel, ini akan menghasilkan output dan pastinya terhitung secara otomatis ketika kita menginginkan hasil dari sebuah perhitungan.

Pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang Rumus Aritmetika Dasar Excel 2007, yaitu : Perkalian, Pembagian, Penjumlahan dan Pengurangan. Di dalam excel ataupun program lainnya, ada istilah yang sering digunakan yaitu Operator. Operator adalah symbol yang sering dipakai untuk pengolahan data, baik itu data perkalian, penjumlahan, pengurangan ataupun pembagian.

Operator
operator Excel 2007

1. Operasi Penambahan : Penambahan adalah menjumlahkan 2 buah nilai atau lebih. Seperti terlihat pada rumus di Cell D2, angka 6 yang terletak di Cell A2 ditambahkan dengan angka 2 di Cel B2.

tambah excel 2007
Akan menghasilkan  :

hasil penjumlahan


2. Operasi Pengurangan : Pengurangan adalah mengurangi 2 buah nilai atau lebih. Seperti terlihat pada rumus di Cell D2, angka 6 yang terletak di Cell A2 dikurangi dengan angka 2 di Cel B2.

Pengurangan

Akan menghasilkan :

hasil kurang

3. Operasi Perkalian : Perkalian adalah mengalikan 2 buah nilai atau lebih. Seperti terlihat pada rumus di Cell D2, angka 6 yang terletak di Cell A2 dikalikan dengan angka 2 di Cel B2.

rumus kali

Akan menghasilkan :

hasil kali

4. Operasi Pembagian : Pembagian adalah membagi 2 buah nilai atau lebih. Seperti terlihat pada rumus di Cell D2, angka 6 yang terletak di Cell A2 dibagi dengan angka 2 di Cel B2.


Akan menghasilkan :



-->

Semoga Bermanfaat.

2 comments:

  1. Thank's sob tutorialnya, bisa menambah perbendaharaan ilmu saya seputar office 2007

    ReplyDelete