Saturday, 27 July 2013

Apa saja yang diperlukan ketika melamar pekerjaan ?

Untuk mendapatkan pekerjaan yang kita impikan tentunya ada syarat syarat yang harus dipenuhi ketika kita melamarnya. Biasanya syarat syarat tersebut sangatlah komplit, antara lain : Surat Lamaran Kerja, CV / Resume kerja, Supporting Dokumen, Copy sertifikat pendidikan, sertifikat training, dan lainnya.
Agar anda bisa diterima di perusahaan atau instansi / lembaga manapun anda melamar, buat lah sesuatu yang unik dan menarik pada lamaran pekerjaan anda. Isi tidak terlalu ekstrim dan juga tidak terlalu sederhana, tetapi menarik untuk dilihat dan dibaca, mudah dimengerti sehingga kesempatan anda untuk interview lebih besar.
Berikut akan coba saya ulas mengenai hal hal yang berkaitan dengan melamar pekerjaan.


1. Surat Lamaran Kerja.
Surat lamaran kerja akan mencerminkan wajah anda, ketika Surat Lamaran Kerja dibuat disitulah wajah anda bisa dilihat. Personalia biasanya bisa melihat dari isi tulisan Surat Lamaran Kerja bisa terlihat tipe orang yang membuatnya. Maka, ketika anda menulis Surat Lamaran Kerja, tuliskan maksud dan tujuan anda ke perusahaan itu.
Ketika menulis Surat Lamaran Kerja, diusahakan isinya adalah darimana informasi lowongan pekerjaan ini anda dapatkan, kemudian lowongan apa yang anda lamar, kemudian tuliskan juga pekerjaan anda saat ini, tuliskan pula lulusan sekolah mana dan jangan lupa masukan pula IPK anda ( jika anda sudah lulus kuliah ). Di paragrap terakhir tuliskan pengharapan anda untuk bisa join / bergabung dengan perusahaan tersebut.

2. CV atau Resume kerja.
Dokumen kedua adalah CV ( Curriculum Vitae ) atau Resume Kerja. CV merupakan sebuah keterangan mengenai  detail anda, seperti  " Personal Detail/Data Pribadi ", " Work Experiences/Pengalaman Kerja","Education Background/Latar Belakang Pendidikan","Qualification","Training","Best Practice Project","Language",dan lain sebagainya.
Usahakan, informasi detail diatas dituliskan di dalam dokumen CV agar pihak management perusahaan mengetaui sejauh mana kualifikasi dan keahlian anda. Sehingga anda layak untuk diterima di perusahaan yang anda lamar berdasarkan isi CV anda.

3.Supporting Dokumen
Apa saja dokumen yang harus ditampilkan ketika melamar pekerjaan ? Banyak, contohnya adalah sertifikat training, Surat Pengalaman Kerja, ijazah dan nilai pendidikan, photo terbaru anda, KTP dan lainnya. Dokumen ini merupakan bukti bahwa anda adalah benar pernah bekerja di perusahaan sebelumnya, lulus pendidikan, tempat tinggal sehingga mewakili anda sebagai pendukung alasan diterimanya anda bekerja.

4.Buatlah Presentasi.
Jika memungkinkan, buatlah Surat Lamaran dan CV secara presentasi sehingga anda akan terlihat profesional dalam bidang keahlian anda. Ini adalah salah satu cara untuk membuat sebuah keunikan lamaran pekerjaan dan tentunya jarang sekali orang membuatnya. Mungkin anda bisa mencobanya dan siapa tahu anda akan memperoleh pekerjaan yang anda impikan.


Terima kasih.

No comments:

Post a Comment