Saturday 30 December 2017

Berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam bekerja dan berusaha


Sengaja penulis membuat judul "Berusaha Untuk Menjadi Yang Terbaik" pada postingan kali ini sekedar memotivasi diri dan para pembaca setia blog ini. Untuk menjadi sukses, tentunya diperlukan kerja ikhlas dan cerdas.

Tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan,  begitu kira kira istilah seseorang ketika sudah mencapai puncak kesuksesan.





Teringat beberapa tahun yang lalu, saya mengenal seseorang yang bekerja di perusahaan multinasional, posisi beliau adalah seorang manager.

Sebagai seorang manager, tentunya harus memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, bertanggung jawab terhadap anak buah di departemennya. Bisa membuat sebuah keputusan, mampu menyelesaikan masalah dan sederet tanggung jawab lainnya berada di pundak sang manager. Lalu, dia pun bercerita tentang masa lalunya ketika posisinya masih sebagai operator di salah satu perusahaan terkemuka di Jakarta. Apa yang ia ceritakan:


Jika kita menginginkan posisi kita meningkat menjadi seorang leader, berfikir dan bertindak lah seperti leader, walaupun dirimu operator. Jangan selamanya menjadi operator, kalau masih berfikir sebagai operator ya, selamanya akan menjadi operator. Sewaktu menjadi operator, dia berusaha untuk melakukan perbaikan di area kerjanya. Dan hasil perbaikannya, ia buatkan laporan berbentuk presentasi, dan dilaporkan kepada atasannya. Pada akhirnya, atasannya melihat kemampuan operator itu, dan ia pun dipromosikan untuk menjadi seorang leader.

Setelah menjadi leader, ia pun kuliah mengambil S1 jurusan Teknik Industri di salah satu Universitas di Jakarta sambil bekerja. Pulang bekerja, ia kuliah masuk malam dan singkat cerita ia pun lulus dengan gemilang. Kemudian, ia pun mencari lowongan pekerjaan lainnya dengan bermodalkan pengalaman dan ijazah S1 nya dan alhasil ia pun diterima di perusahaan lain dengan posisi yang berbeda, yaitu Supervisor.

Memiliki fungsi dan jabatan yang baru, dengan gaji dan fasilitas yang lebih tinggi dari sebelumnya, ia pun mulai bekerja di perusahaan itu. Sembari bekerja, ia pun sering diberi training, bimbingan, dan bermacam macam pendidikan oleh perusahaan tersebut. Secara otomatis keahlian pun bertambah, prestasi kerja semakin cemerlang, perusahaan pun sangat beruntung memiliki karyawan yang sangat potensial.

Beberapa tahun kemudian, ia pun mencoba untuk meningkatkan dirinya dengan mencari posisi di perusahaan lain dan akhirnya ia pun diterima sebagai seorang Manager di salah satu perusahaan terkemuka daerah Karawang. Di perusahaan ini pun sama, sebagai Manager, ia dituntut untuk membuat berbagai sistem perbaikan. Dimana, sistem ini yang nantinya akan menjadi dasar perbaikan dan akan membuat keuntungan bagi perusahaan di kemudian hari.

Sembari bekerja, ia pun melanjutkan pendidikannya lagi ke jenjang S2, dan saat ini sudah menjadi seorang konsultan perbaikan dan sering memberikan training ke berbagai macam institusi dan perusahaan.

Itulah sekelumit cerita dari seseorang yang telah membuktikan bahwa selama kita mau belajar dari masa lalu dan berfikir untuk di masa depan, maka pasti akan berhasil selama kita tetap berusaha untuk memperjuangkannya.



No comments: