Thursday 28 December 2017

Cara Membuat FlowChart Dengan PowerPoint

Selamat bertemu kembali sobat sobat dan agan agan yang terhormat. Pada tutorial tentang komputer kali ini, saya ingin sharing sedikit tentang bagaimana caranya membuat flowchart atau flow process menggunakan microsoft power point secara manual. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, Microsoft Office Power Point versi apapun, pastinya memiliki tool yang sudah dipersiapkan untuk membuat flow chart. 



Sebelumnya, kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian dan fungsi flowchart ini.
1.    Pengertian :
Secara bahasa, flow adalah = arah/alur, sedangkan chart adalah = grafik. Berarti flow chart bisa diartikan arah / alur berupa grafik yang menjelaskan tentang sebuah alur proses. Proses yang dimaksud disini bisa berupa sistem, prosedur, proses, program dan lainnya.
2.    Fungsi
Fungsi dari flowchart ini sendiri adalah untuk memudahkan seseorang ketika menjelaskan sebuah alur proses / program kepada orang lain. Orang lain pun akan segera memahami sebuah proses ketika membaca flow chart yang sudah dibuat.



Cara Membuat FlowChart.
Berikut ini cara membuat flowchart versi penulis. Kebetulan Microsoft Power Point yang digunakan oleh penulis adalah Versi 2016. Versi sebelumnya juga sebenarnya hampir sama dan bisa digunakan. Kita coba belajar membuat alur proses sederhana tentang “ Cara Menghidupkan Komputer “.

Flow proses “ Cara Menghidupkan Komputer “
1.    Pasang colokan kabel power PC pada stop kontak.
2.    Pasang colokan kabel power monitor pada stop kontak.
3.    Pijit tombol power pada PC.
4.    Jika komputer menyala, maka status komputer OK.
5.    Jika tidak menyala, maka cek sumber listriknya.
6.    Jika sumber listrik tidak menyala, kontak PLN.

Langkah pertama :
Buka aplikasi Microsoft Power Point di komputer anda, setelah itu klik pada Tab Insert, klik Shape akan muncul tool dibawahnya dan pilih pada flowchart.

Cara Membuat FlowChart1


Langkah kedua :
Pada langkah ini, buat gambar flow process seperti yang terlihat pada gambar dibawah, yang mana flow proses nya terdiri dari beberapa icon ( bulat untuk start dan end , kotak untuk proses dan belahketupat untuk kondisional ). Jika sudah selesai, sambungkan masing masing icon tersebut dengan panah sesuai dengan gambar.

Cara Membuat FlowChart2


Nah itulah salah satu cara untuk membuat flowchart sederhana tentang “ Cara Menghidupkan Komputer” . Flowchart ini bisa anda kembangkan ke proses proses yang lainnya.



No comments: