Sunday 21 October 2012

Cara Merubah Ukuran File Image

Halo sobat blogger, apakabarnya hari ini ? semoga dalam keadaan sehat saja, amin. Hari ini, saya ingin berbagi pengalaman dengan para pembaca blog yang sederhana ini, tentunya pengalaman pribadi saya ketika saya bekerja di sebuah perusahaan swasta sekitar 6 tahun yang lalu. Ketika itu, saya disuruh untuk melakukan scan sebuah dokumen perusahaan oleh boss saya dan mengirim hasil scan nya via email. Tanpa basa basi lagi akhirnya dokumen itu saya scan, dan hasilnya langsung saya kirim ke emailnya boss.


Tapi apa yang terjadi, ternyata photo scan bertipe *.jpg itu tidak kunjung tiba di emailnya bos, dan ketika saya check di bagian Sent nya, aduuh loading nya lama amat, akhirnya marahlah si bos karena lamanya file yang ngga kunjung tiba di inbok nya dia. Setelah lama berfikir, akhirnya ane coba Tanya ke om google tentang masalahnya, dan ternyata file yang ane kirim itu terlalu besar sehingga loading nya lambat terkirim ke emailnya si boss.

Mmmh, setelah coba Tanya ama temen ada yang kasih tahu bahwa ukuran file nya harus dikurangi dan dia kasih saran untuk mereduce atau dengan kata lain mengurangi ukuran filenya yang bertipe *.jpg itu dengan sedikit sentuhan editing di Microsoft Office Picture Manager. Kalo para pembaca pengen tahu, berikut ini adalah tips untuk mereduce file image berbentuk *.jpg dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager. Ikuti langkah langkah berikut :

1. Buka file ( photo/image ) berekstensi JPG/GIF/PNG dll yang ingin direduce dengan Microsoft Office Picture Manager, dengan cara klik kanan -> Open with -> Microsoft Office Picture Manager.
2. Klik Edit Picture, akan muncul di screen paling kanan monitor dan klik tulisan Resize.
3. Setelah itu akan muncul pilihan Resize Setting, pilih Percentage of Original width x height, secara default adalah 100%, coba anda turunkan menjadi 50% dengan menulis 50 pada kotak isiannya.
4. Klik OK, maka secara otomatis ukuran sebelumnya akan turun setengahna baik itu ukuran lebarnya ( width ) ataupun tingginya ( height ), contoh yang tadinya adalah : 600 X 400 akan turun menjadi 300 X 200. Begitupun untuk ukuran kapasitas file tersebut akan secara otomatis berkurang.
5. Save As dengan file baru, jika file lama ( original ) masih ingin digunakan.

Semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda….

4 comments:

Unknown said...

Tapi apakah resize disini tidak akan mengurangi kualitas gambar sob?

Agus Haryanto said...

Resize tergantung kebutuhannya sob,100% asli tanpa resize itu lebih baik, tapi resize memang sedikit mengurangi kualitas gambar karena jumlah pixel semakin berkurang, akan tetapi kalo gambar itu akan dipakai untuk menginkludkan dalam sebuah file presentasi, teknik diatas bisa digunakan untuk mengurangi kapasitas dari file. Btw thanks for comment ...

Toni said...

trims infonya

Agus Haryanto said...

sip