Wednesday, 24 October 2012

Belajar membuat dokumen berwarna pada Microsoft Word 2007

-->
Pada tutorial belajar komputer dengan Microsoft word 2007 kali ini, kita akan sedikit bermain main dengan bagaimana caranya membuat sebuah dokumen dengan menandai dokumen / mewarnai dokumen. Adapun tools yang digunakan adalah :
1.    Watermark
2.    Page Borders
3.    Page Color.
Berikut penjelasan detailnya :

1.    Watermark adalah sebuah tanda atau peringatan pada sebuah halaman aplikasi Microsoft word 2007, tentang tidak bolehnya tulisan atau dokumen dari tulisan itu di copy orang lain, bersifat rahasia, dll. Tulisan peringatan itu biasanya berada di tengah tengah halaman dan ada dibawah tulisan. Di setiap halaman, watermark akan muncul secara otomatis ketika berpindah ke halaman baru.

2.    Page Borders adalah sebuah pembatas atas, sisi kiri, sisi kanan dan bawah sebuah halaman. Bentuk garis pada masing masing sisi tersambung sehingga berbentuk kotak. Selain fungsinya untuk pembatas pada halaman, diyakini bahwa pembatas ini bisa dijadikan sebagai pembuat indah pada halaman.

3.    Page Color berfungsi untuk mengatur warna dasar atau warna background halaman sesuai dengan kebutuhan dan untuk apa tujuan dokumen itu dibuat. Ketiga komponen itu ada pada menu Page Layout, sub menu Page Background.

Tutorial ini sebenarnya sangat sederhana, simple dan mudah, yang masih pemula dalam mempelajari Microsoft word 2007 juga akan mengerti tentang ketiga istilah diatas, tapi tidak ada salahnya kalo kita mencoba untuk membuat sebuah aplikasi Microsoft word 2007 dengan menggunakan ketiga istilah diatas. Kebanyakan orang, ketika pertama kali melihat layout aplikasi word 2007, terkadang suka dibuat bingung dengan template berwarna putih polos atau defaultnya dari Microsoft office 2007.

Padahal, kita ingin warna dasar dokumen bukan berwarna putih, ingin pada satu halaman ada sebuah kotak yang terbentuk dari 4 buah garis, dan ada tulisan bahwa isi dari tulisan ini bersifat rahasia atau confidential.


OK, langkah langkah untuk membuat layout halaman dokumen dengan ketika komponen diatas adalah sbb :
1. Anda buka Microsoft Word 2007, dan buat file baru.
2. Klik pada menu Page Layout, kemudian cari sub menu dibawahnya yang tertulis Page Background.
3. Klik Watermark, kemudian anda pilih Confidential jika aplikasi dokumen bersifat rahasia, tapi jika dokumen itu tidak boleh dicopy orang lain, sudah tentu anda harus pilih Do Not Copy.
4. Klik Page Color, disitu ada pilihan warna sebagai warna dasar dokumen.
5. Klik  Page Borders untuk menampilkan kotak yang mengelilingi dokumen. Model garis juga bisa diganti sesuai dengan selera anda.

-->

Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat untuk anda. Oh iya, kami sangat menghargai komentar anda tentang artikel ini untuk memperbaiki isi pada tulisan postingannya.

9 comments:

  1. Tutorialnya kren sob, bisa membuat dokumen lebih enak dipandang mata

    ReplyDelete
  2. Makasih gan... tambah ilmu lagi nih..

    ReplyDelete
  3. Ni dia yang saya cari.. thanks berat ya mas broo

    ReplyDelete
  4. bagaimana kalau ingin memberi page color kepada satu halaman saja dalam suatu dokumen dan tidak ke setiap halaman? makasih mohon bantuannya

    ReplyDelete