Sunday, 17 February 2013

Cara Belajar Komputer Yang Efektif.

Bertemu kembali dengan saya sobat, setelah terakhir kemarin saya posting tentang Belajar Power Point Step 2, kali ini saya ingin memberikan sedikit informasi / tutorial tentang Cara Belajar Komputer Yang Efektif. Karena termotivasi ingin berbagi dengan para sobat mengenai tema tersebut, pada posting kali ini saya mencoba mengangkat tema tentang cara belajar komputer yang efektif. Sebagai newbie tentunya banyak sekali kekurangan yang saya miliki ketika membuat tutorial singkat ini, apabila dibandingkan dengan para master profesional yang bertebaran diluar sana. Tetapi, tidak ada salahnya kalau saya mencoba untuk memberikan sedikit pengalaman yang pernah saya alami ketika pertama kali belajar komputer.
Untuk mempelajari komputer, ada beberapa hal yang harus kita ketahui dan kita pelajari. Setelah tahu, kemudian kita pahami lalu kita lakukan.

Pertama : Pelajari Hardware Yang Ada di Dalam Komputer.
Gabungan beberapa perangkat keras / hardware yang ada di dalam komputer adalah sebuah sistem yang terintegrasi dan saling berhubungan antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Yang perlu anda pelajari adalah Harddisk, Memory, Processor, Graphical / Video Card, Mother Board, dll. Ini penting sekali mengingat masing masing perangkat tersebut memiliki spesifikasi tersendiri dan tentunya disesuaikan dengan keinginan si pemakai untuk keperluan apa dia memiliki komputer.

Kedua : Instalasi Software di Komputer.
Hardware ( Perangkat Keras ) tanpa adanya Software ( Perangkat Lunak ) bagai sayur tanpa garam. Alias tidak bisa digunakan, karena tidak ada yang menggerakannya. Keduanya harus ada di dalam sebuah sistem komputer. Software di dalam sebuah komputer itu sendiri terbagi menjadi 2 buah sistem yaitu Sistem Operasi dan Sistem Aplikasi. Untuk sistem operasi sendiri, pastinya anda sudah mengetahui jenisnya, contohnya Sistem Operasi Microsoft Windows XP, Vista, 7 dan terakhir adalah Windows 8, masing masing software tersebut memiliki lisensi yang harus dibayar alias tidak gratis dari pembuatnya yaitu Microsoft.
Namun, ada juga sistem operasi yang berlisensi GNU alias gratis dan bebas dikembangkan jika memang mampu, yaitu Linux dengan berbagai variannya, contohnya adalah Redhat, Knoppix, dll. Adapun sistem aplikasi adalah software yang membuat aplikasi, contohnya Microsoft Office 2007, Adobe Photoshop, Dreamweaver, Minitab, Coreldraw, dll. Nah, syarat untuk bisa melakukan instalasi sistem aplikasi, anda harus melakukan instalasi sistem operasi terlebih dahulu. Sistem aplikasi yang diinstal juga harus disesuaikan dengan sistem operasi yang berjalan di dalam komputernya. Karena tidak mungkin jika Microsoft Office 2007 diinstall di Sistem Operasi Linux.

Ketiga : Setelah Tahu, Pahami kemudian Kerjakan.

-->

Setelah anda mengetahui dalaman komputer baik itu hardware ataupun software secara fungsi pada masing masing perangkatnya, yang harus anda lakukan adalah cari literatur, buku, ebook ataupun berbagai macam materi yang berhubungan dengan aplikasi yang ingin dikerjakan. Di internet, banyak sekali literatur tentang komputer, tutorial, contoh aplikasi yang disajikan dengan berbagai bentuk. Setelah banyak referensi yang anda dapatkan, mulailah mengerjakan apa yang anda pelajari di komputer anda. Jika kurang paham, tanyakan sama orang yang dianggap lebih mahir terhadap komputer. Setelah itu anda coba lagi dan lagi, dengan metode seperti itu biasanya kita akan selalu ingat dan tidak kebingungan ketika menemukan masalah yang sama.

Demikian, tutorial singkat ini kami paparkan, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan ataupun isi di dalamnya.

2 comments: