Tuesday, 9 April 2013

Membuat Grafik Pie di Excel 2007

Pada postingan tempo hari tentang grafik di Excel 2007, saya sudah mencoba membuat sebuah tutorial tentang bagaimana cara membuat grafik batang sederhana dengan Microsoft Excel 2007. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa grafik merupakan tampilan bentuk data yang mewakili angka terhadap satu atau beberapa objek. Adapun, grafik di dalam Microsoft Excel 2007 banyak ragamnya, antara lain : Grafik Batang, Grafik Pie, Grafik Bar, Grafik Line, Grafik Area dan lain sebagainya. Untuk lebih detailnya, akan saya jelaskan pada tutorial tutorial berikutnya, semoga. Baiklah, kali ini saya akan mencoba untuk memberikan tutorial singkat tentang Cara Membuat Grafik Pie di Excel 2007.
Seperti namanya, "Pie" berarti Bulat sedangkan Pie Chart mengandung arti Grafik Bulat. Nah, dari namanya sudah terlihat bahwa Pie Chart adalah Grafik yang berbentuk bulat. Grafik ini bisa anda gunakan untuk membandingkan beberapa buah nilai atau membandingkan beberapa kategori dengan data berbentuk Persen (%). Satu bulat penuh berarti 100%, maka data yang akan ditampilkan terdiri dari beberapa kategori dan jika dijumlahkan totalnya ada 100%.

Bisa anda lihat pada gambar grafik dibawah :

Grafik Pie Chart

Data Grafik diatas adalah : Mangga= 14%, Apel=21%, Jeruk=29% dan Pepaya=36%. Jika persentase masing masing buah itu dijumlahkan, maka totalnya adalah 100%.

OK, berikut ini adalah cara cara membuat Grafik Pie dengan Excel 2007.
1. Pertama, anda buat tabel tentang buah seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Dengan menggunakan rumus : x/y kali 100%, pada Cell D5, anda masukan rumus untuk mencari nilai persentase Mangga, yaitu Harga dibagi Total kali 100%. Jangan lupa untuk klik tombol F4 setelah Cell pembagi ( Total ) kali 100%. Tujuannya adalah untuk menyamakan pembagi untuk Apel, Jeruk dan Pepaya. Lebih jelasnya, silahkan anda lihat pada Gambar dibawah.

Percentage

2. Setelah Percentage(%) terisi, yang anda lakukan selanjutnya adalah klik pada menu Insert --> Pie --> ( pilih Exploded Pie ). Seperti terlihat pada gambar dibawah :

Insert Grafik Pie

3. Pada area Grafik yang masih blank / kosong, klik kanan pada mouse untuk melakukan Select Data kemudian anda pilih Select Data.

Select Data Pie Chart

4. Sekarang, anda tinggal memilih data mana yang akan dimasukan untuk dijadikan Grafik Pie sesuai dengan yang anda inginkan. Pada Series name, anda klik pada kolom Percentage %, dan pada Series Value anda sorot pada angka 14.3 s/d 35.7. Silahkan anda lihat pada gambar dibawah :

Series Pie Chart


5. Kemudian, pada Horizontal Category Axis Label, anda pilih nama pada masing masing buah.

Grafik Pie


6. Setelah semua data terisi, baik itu di Legend Series dan di Horizontal Series, klik Ok untuk melihat hasil Grafiknya. Grafik Pie yang terbentuk secara default masih terlihat kurang menarik. Anda coba buat kustomisasi terhadap grafik pie sesuai dengan kebutuhan anda. Kalau grafik yang telah saya buat seperti yang terlihat pada gambar dibawah :

Grafik Pie Jadi

7. Nah, grafik sudah jadi dan tinggal gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Selamat mencoba...


-->

5 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya..
    Semoga sukses..

    -->> http://harpa82.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, semoga sukses selalu menyertai anda juga

      Delete
  2. Ribet bgt caranya....!!
    Gak bisa-bisa juga!!

    ReplyDelete
  3. thanks gan buat artikelnya... salam sukses
    Rajalistrik.com

    ReplyDelete