Saturday, 6 April 2013

Contoh Membuat Grafik Sederhana dengan Excel 2007

Membuat grafik sederhana dengan Excel 2007 memang gampang - gampang susah, bisa dibilang gampang kalau anda rajin untuk mempelajarinya dan sudah menguasainya, susah jika malas untuk mempelajari dan mencobanya. Kali ini, saya akan mencoba membuat tutorial sederhana tentang membuat grafik sederhana dengan Microsoft Excel 2007.
Grafik adalah tampilan bentuk data yang mewakili angka terhadap beberapa objek. Mungkin, data yang sederhana berupa tabel bisa anda baca, tetapi bisa anda bayangkan, jika anda membaca data yang penuh dengan angka yang berderet, pastinya agak sedikit kesulitan untuk mencernanya, nah dengan Grafik lah data itu ditampilkan, tujuannya adalah untuk mempermudah kita dalam membaca sebuah data yang ditampilkan. Berikut, saya akan mencoba menampilkan beberapa gambar tentang langkah langkah membuat grafik sederhana.

grafik batang excel 2007
Grafik Excel 2007

Adapun langkah langkah nya adalah sebagai berikut :
1. Buat tabel tentang Harga buah di pasar :
tabel sederhana Excel 2007
Tabel Excel 2007
2. Pada menu layout Excel 2007, cari menu Insert --> Coulumn --> 2D --> Pilih Clustered Coulumn.
 
column grafik
Kolom Grafik 2D - Clustered
3. Pada tengah area grafik, klik kanan kemudian, pilih Select Data untuk memilih data yang ingin ditampilkan pada grafik.

select data excel 2007
Select Data
4. Pada tab Edit Series, klik Series Name dan pilih atau sorot di tabel pada Cell Harga (Rp) / Kg. Dan pada Series Value, sorot semua harga dari atas sampai bawah, tetapi tidak termasuk harga pada baris Total.

data series
Edit Data Series
5. Pada tab select data source, klik Edit pada kolom Horizontal (Category) Axis Labels, kemudian sorot pada table Buah, yaitu : Mangga, Apel, Jeruk, Pepaya. Klik OK.

column axis
Column axis

6. Setelah semuanya selesai, akan muncul grafik yang mewakili data Harga Buah di pasar, anda tinggal mengkustomisasi grafik seperti terlihat pada gambar grafik batang dibawah :






7. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



-->

6 comments:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Fungsi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/836/1/D87-D95_Yusuf.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. izin copygan buat belajar... :)

    ReplyDelete
  3. maaf, tp kalo cara buat grafiknya kaya gini, ada yg eror, misalnya, kalo nama buah saya ganti dengan nilai x, sedangkan harga saya ganti dengan nilai y..maka ketiga data ke empat dari nilai x itu lebih kecil dari data ketiga, excel tetap memunculkannya di sebelah kanan data ketiga..kan itu eror namanya..lalu series yang muncul tidak menggambarkan hubungan data y dan x yang saya masukkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kommen nya pak Alan, pada prinsipnya grafik adalah cara untuk menyampaikan informasi data kepada orang lain agar lebih mudah dibaca dan dimengerti, sedangkan data terdiri dari beberapa jenis data : data bisa berupa angka yang bisa dihitung, ada juga data yang berjenis karakter saja. Buah diatas yang dimaksud hanya berupa contoh nama object yang bertipe string atau karakter ( tentunya tidak bisa dihitung ), Maka jika diisi numeric mungkin hasilnya berbeda, kecuali cell numerik itu dirubah menjadi format text pasti hasilnya sama. Format dalam cell di excel berbeda beda, bisa saja kita isi dengan angka tetapi format data cell nya text, tentunya angka itu tidak bisa dihitung dan terjadi error. Mungkin demikian penjelasannya, mohon maaf dan terima kasih

      Delete