Tuesday, 1 December 2015

Apakah grafik itu ?

Hampir setiap praktisi, pasti pernah mendengar tentang istilah grafik di dunia kerjanya. Macam macam bentuknya, ada yang berbentuk batang, garis, lingkaran. Dan tentunya, masing masing jenis grafik ini memiliki fungsinya masing masing ketika dipaparkan dalam presentasi ataupun laporan. Mari kita telaah lebih lanjut...
 
Di dalam dunia pekerjaan , apapun bentuknya pasti akan memerlukan data. Data ada dua jenis, yaitu data yang bisa dihitung dan data yang tidak bisa dihitung. Contoh data yang bisa dihitung : jumlah barang, jumlah NG, jumlah produksi, jumlah pengiriman barang, jumlah anak, gaji, data mahasiswa, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh data yang tidak bisa dihitung adalah : nama kota, lokasi pekerjaan, nama perusahaan, dan lain lain.

Bicara data, tentunya akan berkaitan dengan pengolahan data . Bisa secara manual ataupun dengan aplikasi komputer. Namun, rata rata hampir setiap orang yang melakukan pengolahan data akan menggunakan software microsoft excel di setiap pekerjaannya.

Lantas, apa hubungannya antara data dengan grafik ?
Setiap melakukan pengolahan data, ratusan bahkan bisa ribuan angka diolah untuk dihitung sekaligus direcord dan ditampilkan ketika presentasi ataupun ketika melaporkan hasil pengolahan datanya. Bisa kita bayangkan ketika presentasi, hanya angka saja yang ditampilkan, tentunya sangat sulit untuk dimengerti.

Nah, disini grafik berperan untuk mewakili data angka tersebut sehingga mudah untuk dibaca. Dengan arti lain, grafik adalah visualisasi berupa gambar yang mewakili data sehingga mudah dibaca dan dimengerti oleh setiap pembacanya.

Jenis Grafik bermacam macam, berikut ini beberapa jenis grafik dan fungsinya :
1. Grafik Batang

grafik batang, line, lingkaran, pie
Grafik batang , fungsinya adalah untuk menampilkan angka dengan visualisasi berbentuk balok atau kotak. Di sisi kiri terlihat angka skala secara vertikal.

2. Grafik Lingkaran
grafik batang, line, lingkaran, pie

Grafik lingkaran /pie ( pizza ) berfungsi untuk menampilkan data persen (%). Dan total satu lingkaran grafik = 100%. Terlihat potongan potongan presentase yang mudah untuk dibaca.

3. Grafik Line

grafik batang, line, lingkaran, pie

Grafik Line berupa garis, fungsinya adalah untuk menampilkan trend ataupun data statistik yang lain.
-->

Demikian pengertian grafik, beserta contoh dan fungsinya. Sebenarnya, masih banyak jenis grafik yang lain dengan fungsinya masing masing, semoga penulis bisa mempostingnya di lain waktu, terima kasih dan semoga bermanfaat.







2 comments:

  1. I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

    ReplyDelete
  2. Hey keep posting such good and meaningful articles.

    ReplyDelete