Monday 2 April 2012

Tutorial Komputer : Belajar Microsoft Excel 2007 Step 1

Selain Microsoft Power Point 2007 dan Microsoft Word 2007, Microsoft Excel 2007 merupakan salah satu cabang aplikasi Microsoft Office 2007 dari Microsoft yang berfungsi untuk menjalankan program aplikasi spreadsheet ( lembar kerja elektronik ). Sebagai salah satu software program aplikasi untuk melakukan perhitungan dan pengolahan data, Microsoft Excel 2007 bekerja secara cepat ketika kita menggunakannya pada setiap aplikasi yang dibuat. Untuk mengolah data dalam bentuk tabel, kemudian dari tabel itu dibuat grafik sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Hampir setiap perintah pada Microsoft Excel sama di setiap versi yang muncul, akan tetapi berbeda dengan Microsoft Excel 2007, Menu yang ditampilkan agak sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Kali ini kita akan belajar membuat tabel sederhana dengan Excel 2007.
Ok, tidak berlama lama lagi, mari kita langsung saja ke TKP, hehehe :

Membuat Tabel Pada Worksheet
Untuk membuat sebuah tabel pada worksheet Microsoft Excel 2007, anda harus memahami tujuan tabel yang akan dibuat. Kenapa harus demikian, karena ketika tabel itu ingin anda tampilkan secara grafik, masalah baru akan muncul jika format tabel tidak sama. Kemudian, anda juga harus mengerti tentang data yang akan anda olah. Apakah tabel itu bercerita tentang data trend, persentase, pareto data atau yang lainnya. Masing masing punya cara tersendiri.


Selanjutnya kita akan belajar mengenai membuat tabel pada Worksheet Microsoft Excel 2007 langkah demi langkah. Silakan anda lihat pada Gambar dibawah, ikuti langkah langkahnya satu demi satu :



Langkah Pertama :
Letakan kursor pada Cell B2 atau sembarang cell.
Microsoft Excel 2007,Belajar Komputer
Letakan Kursor di Cell












Langkah Kedua :
Buatkan isian pada Cell seperti terlihat pada gambar, pada cell isian dibawah total, masukan rumus dengan diketik, yaitu : =C3*E3 atau klik menggunakan mouse dan ketikan = arahkan kursor di tulisan 1000, klik * kemudian klik pada angka 5, tekan enter. Seketika itu pula, isian dibawah Total sudah masuk satu buah rumus yaitu perkalian dan secara otomatis akan menghitung 1000 * 5 = 5000. Angka 5000 akan muncul pada cell itu.

Kalikan antara 1000 * 5















Langkah Ketiga :
Dengan menggunakan Mouse, drag atau tarik Cell F3 / isian 5000 kebawah sampai sejajar dengan Nanas. Akan secara otomatis, sistem melakukan perkalian berdasarkan pada rumusan yang pertama kali diisi di kursor F3.

Belajar Microsoft Excel 2007, Belajar Komputer
Tarik kebawah dengan Mouse














Langkah Keempat :
Dengan menggunakan mouse, drag semua tabel sehingga tampak seperti yang ada pada gambar

Belajar Microsoft Excel 2007
Blok Semua Bagian














Langkah Kelima :
Klik kanan pada mouse dengan posisi Mouse di tengah data isian yang diblok, kemudian klik kanan dan klik Format Cells. Pilih menu Tab Border, dan klik Outline dan Inside. Ketika  kedua tombol itu diklik, maka seluruh data yang diblok tadi akan terlihat sudah berbentuk tabel.

Belajar Komputer Excel 2007
Format Cells






















Setelah klik OK, tabel akan terlihat seperti gambar dibawah.

Belajar Tutorial Komputer
Tabel Yang Sudah Jadi













Tabel diatas masih terlihat sederhana, akan tetapi bisa dijadikan sebagai dasar tentang pembuatan tabel pada Microsoft Excel 2007. Tabel diatas juga masih bisa dikembangkan ke arah data yang lain.



2 comments:

web asik said...

mantabs ilmunya excelnya gan,
ane juga ngelola blog excel, semoga kita bisa saling berbagi ilmu, klik disini

cara menyembuhkan infeksi paru said...

makasih banyak buat ilmunya, sangat bermanfaat dan menambah wawasan..