Monday 1 April 2013

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Word 2007

Mudahnya membuat surat lamaran kerja dengan office word 2007. Rata rata, pencari kerja yang ingin melamar sebuah pekerjaan pastinya akan membuat Surat Lamaran Pekerjaannya dengan menggunakan Microsoft Office Word. Boleh percaya boleh tidak, yang pertama kali dilihat oleh para penerima pekerjaan adalah bentuk atau design Surat Lamaran Kerjanya. Setelah itu, isi dari surat lamaran pekerjaan, kemudian isi CV nya. Apabila pertama kali dilihat kurang menarik, tentunya kesempatan untuk dilihat isinya juga semakin kecil. Maklum, lowongan pekerjaan yang disediakan ada satu posisi, yang melamar ratusan bahkan mungkin bisa ribuan.


Tapi anda tidak perlu kuatir, saya akan mencoba untuk memberikan beberapa tips bagaimana membuat surat lamaran kerja sehingga anda layak untuk mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.  

Berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk anda :

Buatlah desain sesederhana mungkin, tapi mudah untuk dimengerti bagi orang yang melihat dan membacanya. Untuk surat lamaran kerja, anda coba atur sisi kiri layout seukuran 2.5 inch dan sisi kanan juga sama 2.5 inch. Pilih jenis huruf dengan"Tahoma" ukuran 11. Usahakan isi surat lamaran atau application letter terdiri dari 4 paragraph sehingga satu halaman pas ada 4 paragraph. 
Untuk paragraph pertama, anda tuliskan tentang darimana anda tahu bahwa ada informasi lowongan pekerjaan di perusahaan itu, kemudian posisi apa yang sedang dibutuhkan. Contohnya  :

" According the information that I have heard, your company is looking for an employee which one of position to fullfill Quality Manager. Based on my own initiative, I would like to apply this job of position ".

Untuk paragraph 2, anda tuliskan tentang nama anda tuliskan pula lulus kuliah atau sekolah kapan dan dimana. Tidak lupa cantumkan keahlian anda sedikit disitu, contohnya " Fasih bahasa Inggris, prestasi waktu kuliah, ataupun lainnya sehingga membuat pembaca sedikit tertarik dengan anda.

Untuk paragraph 3, anda tulis sedikit pengalaman kerja anda, contohnya :

Currently, I work at PT. ABC as Quality Manager and handling QC Section, QA Section and New Part Section. With my experiences and education background, I feel capable of any handling task that your company may assign me.

Dan, untuk paragraph terakhir, anda tuliskan mengenai kalimat yang mengandung arti, " Sebagai review untuk anda, silahkan anda lihat pada CV yang saya sertakan. Kemudian, dokumen dokumen pendukung yang diperlukan sebagai bukti bahwa kita sebagai pelamar adalah benar.

Setelah semuanya selesai, sebagai penutup, anda sisipkan kalimat " Hormat kami " dan diakhiri scan tanda tangan anda diatas nama anda.

Nah, sekarang silahkan anda coba sendiri membuat Surat Lamaran Kerja " pakai bahasa inggris tentunya ", agar terlihat profesional, selamat mencoba....


No comments: