Saturday, 19 October 2013

Contoh Menggunakan Rumus IF dalam Excel 2007 & 2010

Para sobat yang budiman, setiap pedagang yang menjual produknya pasti ingin mendapatkan keuntungan ketika menjual produk dagangan yang ia jual. Pasti mereka tidak mau mengalami kerugian dengan salah membuat harga ketika menjual barang dagangannya. Saya yakin, anda pun akan bersikap demikian jika anda adalah seorang pedagang.

Tapi kali ini, saya tidak akan membahas lebih jauh tentang  pedagang, teknik berdagang ataupun mengelola dagang itu sendiri, akan tetapi saya akan membahas bagaimana caranya untuk mempermudah perhitungan rugi laba terhadap produk yang dijual dengan Microsoft Excel.  Kita akan coba menghitung rugi laba dengan rumus IF yang mana outputnya adalah untung, rugi atau tidak sama sekali. Jika hasil perhitungan nilai jual lebih besar dari beli, maka keuntungan akan terjadi, ada selisih antara Harga Beli dan Harga Jual.

Silahkan lihat gambar tabel dibawah, Pulpen dan Buku Tulis memperoleh keuntungan, tetapi Penggaris mendapatkan kerugian karena harga jual lebih rendah dari harga beli. Penghapus tidak untung dan juga tidak rugi. Lantas, bagaimana caranya membuat rumus sederhana untuk membuat tulisan untung dan rugi secara otomatis di Excel ? Berikut langkah langkahnya :
-->


IF dalam Excel 2007 atau 2010
Tabel Harga
Pertama :
Anda buat tabel harga seperti gambar diatas di aplikasi Excel anda yang baru / sheet baru. Untuk kolom Nama Barang, Harga Beli dan Harga Jual diisi secara manual, akan tetapi pada kolom Selisih, gunakan rumus pengurangan, yaitu (Selisih = Harga Jual - Harga Beli)

IF dalam Excel 2007 atau 2010
Pengurangan

Kedua :
Masukan rumus di dalam kolom keterangan dengan syntax sebagai berikut : =IF(D3>C3,"UNTUNG",IF(D3<C3,"RUGI","TIDAK UNTUNG/TIDAK RUGI")). Cell D3 adalah nilai di kolom Harga Jual dan Cell C3 adalah nilai di kolom Harga Beli. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar dibawah.
IF dalam Excel 2007 atau 2010
Rumus di Kolom Keterangan
OK, jika langkah langkah nya benar, pasti akan berhasil. Anda masukan nilai berapapun di Harga Jual ataupun Harga Beli, Untung dan Rugi di kolom keterangan pasti akan berubah secara otomatis. Selamat mencoba...






3 comments:

  1. makasih mass infonya..
    Daftar Web yang menyediakan info seputar bola,
    prediksi bola ter-update..
    berita bola TERBARU DAN TERPERCAYA ada di pastibet.com , bola368.com , bola368.net , bola368.org
    Buruan Gabung..!!

    ReplyDelete
  2. jika dijumlah akhirnya kok gak bisa pakai rumus SUM - nya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud agan jumlah akhir yang dimana gan ? tutorial diatas hanya menjelaskan tentang fungsi IF ( yaitu Logika IF ), kalau SUM adalah untuk menjumlah beberapa nilai dalam cell total secara otomatis.

      Delete