Saturday, 2 November 2013

Tips tips Membuat Tulisan Menarik di Blog

Membuat tulisan menarik memang agak sedikit sulit, penulis pun masih belajar dan berusaha untuk membuat tulisan semenarik mungkin agar para pengunjung & pembaca senang dan mengerti ketika membacanya. Penulis berusaha agar setiap content atau tulisan yang diposting mudah dipahami oleh setiap kalangan dan usia, bisa diimplementasikan dan bisa bermanfaat bagi orang lain. 

Dari berbagai pengalaman penulis ketika melakukan blogwalking di beberapa blog, masing – masing blog memiliki pola yang berbeda – beda di setiap tulisannya. Ada yang benar-benar terlihat serius,ada juga yang hanya sekedar iseng untuk mengisi waktu luang, ada juga yang menggunakan bahasa gaul, dan ada tulisan disertai dengan gambar – gambar sebagai pendukung dari tulisan.


Pada tutorial belajar komputer dan blog kali ini, penulis ingin sedikit memberikan informasi kepada para pembaca mengenai tips tips  membuat tulisan agar terlihat menarik untuk dibaca.

Berikut tips-tips untuk membuat tulisan menarik ketika dibaca orang lain.

Content harus teranyar atau terbaru:
Isi tulisan diusahakan model terbaru dan bukan dari Copy Paste dari blog lain. Karena, selain sedikit melanggar etika di dalam perblogan, tulisan yang sudah dibuat oleh orang lain dan sudah terpublish, akan selalu di ingat mesin pencari Google,jika kita memposting hasil karya orang lain di blog kita, ia (Google ) akan segera mengetahui kalau itu adalah buah karya dari Copy Paste ( kecuali jika menyertakan sumbernya ).

Isi tulisan harus sama dengan judul posting / tulisan / content :
Terkadang, pengunjung seringkali dibuat bingung ketika judul posting berbeda dengan isinya, tentunya hal ini bisa membuat hati para pengunjung kecewa karena informasi judul tulisan sangat jauh berbeda dengan isinya. Pengunjung tidak menemukan informasi yang mereka butuhkan, alhasil mereka tidak akan pernah kembali lagi.

Layout tulisan terlihat rapi alias tidak berantakan
Di blogger, ada setting layout untuk mengatur kolom kolom bagian blog, begitu pula ketika para penulis content memposting tulisan. Usahakan jenis font untuk isi content bertipe arial, ukuran font normal dan align justify. Hal ini akan memudahkan pembaca ketika menggerakan dua bola matanya dari arah kiri ke kanan, menurut para pakar, model font Arial terlihat lebih umum dan elegan. Ini juga akan membuat para pengunjung tertarik untuk membaca isi tulisan. Jelas, ini pun akan terlihat menarik hati para pengunjung untuk membacanya berkali – kali.

Seimbangkan antara gambar dan tulisan.
Sebenarnya, gambar bisa mewakili tulisan, hal ini bisa membuat para pembaca or pengunjung tertarik untuk membacanya. Yang jadi masalah adalah ketika gambar yang muncul adalah gambar A, tulisan berbicara B, jadinya tidak bakalan nyambung, alhasil, ini juga akan mengurangi kualitas tulisan. Idealnya, jika tulisan berbicara tentang “ Cara Beternak Ayam “, maka gambar yang ditampilkan adalah Seekor Ayam yang berada di dalam kandang. Itu hanya sekedar contoh saja.

Tulisan dibuat seefektif mungkin
Jalan di kampung boleh berliku – liku, untuk mengarah ke sebuah tujuan, banyak cabangnya dan bisa melalui jalan manapun. Akan tetapi berbeda sekali dengan tulisan, buatlah bahasa yang sederhana, lugas dan efektif, agar terlihat menarik hati para pengunjung untuk membacanya sampai tuntas. Coba anda bayangkan, ketika menulis tentang “ Kehebatan Motor Ninja”, yang ditulis di bagian awal adalah performance mesin mobil, bagian tengah kecepatan mobil, kemudian bagian akhir baru menyambung ke kecepatan motor ninja, nah ini tentu juga bisa mengurangi daya tarik sebuah tulisan.

Akhir kata, semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan para penulis lainnya ….


3 comments:

  1. contohnys mana gan? ane pengen tau:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog punya agan juga bagus, kebetulan ane masih newbie nich, thanks ya ..

      Delete
  2. makasih atas infonya gan,,,,, menarik sekali dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete