Sunday 14 October 2012

Cara mengatur huruf awal dan baris kedua Microsoft Word 2007



Setelah merenung sejenak untuk memikirkan apa yang ingin diposting, akhirnya saya coba untuk membuat tutorial singkat tentang “ Bagaimana melakukan editing tulisan di Microsoft Word 2007  “. Postingan ini ditujukan bagi anda yang ingin mempelajari cara melakukan editing tulisan yang sudah dimasukan kedalam sebuah aplikasi dokumen.

Pertama : Mengatur satu huruf pertama di awal paragraph.

First Line Indent : First line Indent terletak di bagian atas dokumen yang berfungsi untuk mengatur awal dari sebuah tulisan. Bentuknya seperti sebuah kerucut kecil dan terletak dibawah menu atas dan layout tulisan. Jika tidak ada atau tidak terlihat, tampilkan tombolnya dengan klik menu view terus centang kotak yang disampingnya ada tulisan Ruler.

Setelah itu, pada awal tulisan tarik tombol First Line Indent kearah kanan untuk memulai sebuah tulisan. Nanti anda bisa lihat bahwa paragraph pertama tulisan agak sedikit kearah kanan dari satu paragraph. Fungsi dari First Line Indent ini adalah untuk mengatur layout awal dari sebuah tulisan yang mana di setiap paragraph huruf pertama yang ditulis agak sedikit menjorok ke arah kanan.
Kedua : Mengatur satu huruf pertama di baris kedua dan selanjutnya pada paragraph.

Left Indent : Left Indent terletak dibawah First Line Indent yang berfungsi mengatur letak huruf tulisan ketika berpindah baris. Contoh : Anda coba tuliskan satu paragraph dalam Microsoft word 2007, jika huruf yang pertama dibaris kedua tidak sejajar dengan huruf pertama dibaris atas huruf pertama, berarti Left Indent tidak sama dengan First Line Indent.

Tetapi jika anda menginginkan baris kedua sama dengan huruf pertama di baris pertama, anda tinggal menggeser tombol Left Indent sejajar dengan First Line Indent.
Pengaturan First Line Indent dan Left Indent ini adalah untuk mengatur satu huruf awal tulisan dan satu huruf di baris kedua pada paragraph agar terlihat rapi dan sesuai dengan aturan kaidah pada sebuah laporan.

Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat untuk anda, terima kasih telah berkunjung,….

Keyword :
Mempelajari editing Word
Editing Word 2007
Mengatur paragraph pada Word 2007

No comments: